Ini dia alasan mengapa insider trading dilarang

mentari mulia berjangka. Ini dia alasan mengapa insider trading dilarang. Pengertian apa itu insider trading beserta penjelasanya. tak jarang kita mendengar istilah insider trading atau

Administrator

mentari mulia berjangka. Ini dia alasan mengapa insider trading dilarang. Pengertian apa itu insider trading beserta penjelasanya. tak jarang kita mendengar istilah insider trading atau perdagangan orang dalam di dunia investasi finansial. Ada juga yang menyebutnya dengan illegal trading. Apa sih sebenarnya pengertian insider trading atau pengertian illegal trading ini? Insider trading yaitu kegiatan perdagangan saham ataupun sekuritas tertentu oleh individu yang mempunyai akses tentang informasi non publik dari perusahaan tersebut. Dengan kata lain, perdagangan efek perusahaan yang dilakukan oleh orang yang dikategorikan sebagai orang dalam. Si individu ini melakukan kegiatan trading dengan memanfaatkan informasi yang sebetulnya tidak dapat di akses oleh publik.

Yang dimaksud dengan orang dalam disini berdasarkan UU No. 8/1995 tentang Pasar Modal, merupakan pihak yang mengetahui informasi dalam perusahaan, yaitu orang yang bekerja di emiten atau perusahaan publik

Mengapa insider trading merugikan?

Di sebagian negara, kegiatan insider trading dilarang. Hal ini dikarenakan adanya ketidak-adilan. Seorang investor dengan informasi dari dalam yang sebetulnya tidak dapat diakses publik, dapat mendapatkan jumlah keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan investor lain. Investor lain yang tidak mempunyai akses terhadap informasi ini akan merasa tidak adil, dan tidak yakin untuk terus berinvestasi. Pada akhirnya dapat menyebabkan berkurangnya jumlah investasi yang masuk secara signifikan. Dengan kata lain, investor kehilangan kepercayaan terhadap market.

Contoh insider trading

misalnya saja, seorang manager perusahaan yang mengetahui informasi dalam, dan melakukan transaksi yang menguntungkan dirinya sebelum informasi tersebut diumumkan ke publik.

Biasanya di insider trading dalam pasar modal lebih umum terjadi dibanding pasar finansial lainnya. Di indonesia, insider trading secara prinsip dilarang berdasarkan pada UU No.8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

Kasus insider trading di Indonesia

Salah satu kasus insider trading yang pernah tersorot oleh media di Indonesia adalah yang terjadi tahun 2007,

Di lansir dari detik finance Selasa, 18/12/2007 10:52 WIB

Kasus dugaan Insider Trading PGN menguak ke permukaan pada Januari 2007 lalu. Dugaan muncul akibat penundaaan proyek pipanisasi gas Sumsel-Jabar (SSWJ) yang tidak segera dilaporkan manajemen ke publik.

Akibatnya harga saham pada 12 Januari 2007 terjungkal 23,32 persen menjadi Rp 7.400 per saham. Tidak dilaporkannya penundaan proyek tersebut diduga terkait dengan kepentingan divestasi saham PGN 5,32 persen pada 15 Desember 2006 agar harga ketika divestasi tidak turun

Detik finance Kamis, 27/12/2007 13:49 WIB

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) hanya memberikan sanksi administratif berupa denda terhadap 9 orang karyawan dan mantan karyawan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dalam kasus perdagangan saham PGN (Insider Trading).

Di negara luar seperti Amerika, praktek insider trading mendapatkan sanksi yang cukup berat dan diproses secara pidana maupun perdata.  Demikianlah alasan mengapa insider trading dilarang

Administrator

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Curabitur leo ligula, posuere id fringilla sed, consequat nec turpis. Curabitur vulputate consequat aliquam. Curabitur consectetur suscipit mauris eu efficitur. Sed malesuada tortor id metus faucibus, ut placerat mi vestibulum.

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer