PT Angkasa Pura II sedang bersiap – siap membuat sebuah superapp untuk mendukung mengembangkan banda – bandara yang dikelola oleh perseroan menjadi sebuah airport of the Futrue yang tentunya ada dukungan teknologi digital dalam pengelolaan bandara dan berbagai layananlainnya. Aplikasi tersebut diberi nama Travelin dan sudah bisa di-download di App Store (iOS) dan Play Store (Android). President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pengembangan layanan di bandara AP II sudah memasuki area digital dan saat ini perseroan tengah mempertajam penetrasi di aspek ini menjadikan aplikasi travelin menjadi super app. Dia mengatakan, aplikasi ini bisa menjadi solusi bagi penumpang pesawat untuk mendapatkan berbagai pelayanan dan kebutuhan di bandara AP II. “Super app travelin akan menjadi suatu State of The Art Technology bagi AP II di bidang pelayanan bandara. Ini menjadi suatu single platform dengan multi-content dan multi-application yang digunakan oleh multi-user,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/6/2021). Dia menambahkan, realisasi travelin menjadi super app diharapkan dapat diwujudkan pada Juli 2021. “Saat ini progres berjalan baik. Sejumlah layanan atau fitur baru sedang diintegrasikan, untuk melengkapi fitur eksisting.” Sebagai super app, travelin akan memiliki beragam layanan atau fitur di titik Pre-journey, On-journey dan Post-journey. 1. Pre-journey: – Fitur Travel Plan untuk pengaturan kebutuhan perjalan seperti perjalanan akhir pekan, perjalanan liburan, perjalanan bisnis, perjalanan grup, perjalanan untuk suatu event, dan lainnya. – Fitur Travel Information yang memberikan berbagai informasi seperti spot wisata, event pariwisata, nilai tukar mata uang, transportasi di tempat tujuan, cuaca di tempat tujuan, hingga persyaratan perjalanan yang harus dipenuhi – Fitur Ticket untuk pembelian tiket transportasi dan lokasi wisata (tourisme site) – Fitur Accomodation untuk pemesanan hotel, apartemen dan lainnya – Fitur Travel Document Checklist untuk pemeriksaan dokumen seperti identitas diri, paspor, surat keterangan sehat, dokumen travel – Fitur Tavel Preparation sebagai layanan bagi pengguna untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan perjalanan – Fitur Travel Complements yang menyediakan layanan roaming call, internet/Wi-Fi, asuransi perjalanan, dan travel guide 2. On-journey: – Fitur Transportation untuk menyediakan informasi mengenai transportasi publik, rental kendaraan dan ride sharing di tempat tujuan – Fitur Port/Gate/Border Access – Fitur Travel Activities yang menyediakan informasi dan penawaran khusus untuk belanja, spot turis, atraksi, event, dine, dan lainnya di tempat tujuan – Fitur Travel Guide yang menyediakan peta digital, live navigation, traffic alerts dan travel assistant – Fitur Travel Care yang menyediakan informasi terkait bank, money changer, rumah sakit, kantor polisi, dan kedutaan 3. Post-journey: – Fitur Feedback untuk memberikan review, comment dan rate – Fitur Next Recommendation Trip Aplikasi mobile app travelin saat ini sudah di-download sebanyak 415.000 user pengguna jasa bandara melalui platform Appstrore (iOS) dan Play Store (Android), dan pada tahun ini ditargetkan jumlah download dapat mencapai 1 juta user.